Monday, June 29, 2015

Rumah Antik Milik Keluarga KH Ahmad Dahlan di Bangkok

Laporan dari Thailand
Rumah Antik Milik Keluarga KH Ahmad Dahlan di Bangkok
Avitia Nurmatari - d'traveler - Jumat, 26/06/2015 09:02 WIB

Rumah cucu KH Ahmad Dahlan (Avitia/detikTravel)
 Bangkok - Java Mosque lambat laut menjadi destinasi wisata muslim di Bangkok, Thailand. Masjid itu dulunya dibangun para imigran Jawa, termasuk keluarga KH Ahmad Dahlan. Rumah antik keluarga mereka menarik untuk ditengok.

KH Ahmad Dahlan adalah tokoh nasional pendiri Muhammadiyah, salah satu anaknya dulu pindah ke Thailand bersama beberapa orang Jawa. Mereka mendirikan pemukiman Jawa di Jalan Soi Charoen Rat 1 Yaek 9 di kawasan Sathorn, Bangkok, Thailand. Lokasinya dekat Stasiun BTS Surasak.

Saat detikTravel berkunjung ke sana beberapa pekan lalu, tidak hanya Java Mosque yang menarik perhatian saya. Sebuah rumah antik sangat menarik perhatian mata. Konsep arsitektur bergaya Eropa di tengah-tengah pemukiman padat penduduk cukup mencolok meski sedikit tertutup benteng di sekelilingnya.

Rumah cantik tersebut ternyata dihuni oleh cucu dari pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan yakni Marifah Dahlan. Interior luar rumah Marifah terkesan seperti rumah-rumah Eropa kolonial. Rumah bagian luar dicat warna-warna pastel. Suasana Eropa semakin kental dengan penambahan kursi-kursi taman.

Kedatangan detikTravel disambut baik. Marifah mempersilakan masuk ke ruangan yang sangat sejuk. Berbeda dengan interior luar rumah yang bergaya Eropa, interior dalam rumah sangat Indonesia dan mendominasi furnitur dari kayu jati mulai dari meja, lemari dan kursi.

Yang menarik, hampir di semua sudut di ruangan itu diisi oleh foto-foto keluarga. Ada juga di salah satu sudut, beberapa penghargaan yang diperoleh oleh ibunya Marifah yakni Zahara. Di sudut lainnya juga terdapat silsilah keluarga KH Ahmad Dahlan yang dipajang dalam bingkai kayu.

Marifah bercerita, dia merupakan generasi ketiga dari keluarga KH Ahmad Dahlan. Rumah tersebut sudah berusia lebih dari 100 tahun.Next


Rumah ini bergaya Eropa-Jawa (Avitia/detikTravel)
"Rumah ini direnovasi 35 tahun lalu. Bagian dalam tetap dipertahankan," ujar putri dari Irfan Dahlan saat berbincang dengan detikTravel.

Pemakaian kayu jati bukan tanpa alasan. Marifah menuturkan, KH Ahmad Dahlan pernah berjualan kayu jati ke China.

"Sehingga semuanya di ruangan ini memakai kayu jati," tutur Marifah.

Berada di rumah Marifah sangat nyaman dan bikin betah, serasa menemukan rumah yang Indonesia sekali. Meja makan diberi taplak meja dari kain tenun etnik. Lalu kursi dan sarung bantal kursi juga memakai kain dan motif Nusantara. Sungguh rumah yang cantik! Jika Anda berwisata religi ke Java Mosque di Bangkok, jangan lupa untuk melongok kecantikan rumah ini juga ya.

http://travel.detik.com/read/2015/06/26/090225/2952852/1520/rumah-antik-milik-keluarga-kh-ahmad-dahlan-di-bangkok

No comments:

Post a Comment